[Misinformasi] Lima Negara Terima Rupiah sebagai Alat Tukar

31 Desember 2022 | 261 Kali | Alit

Lima Negara Terima Rupiah sebagai Alat Tukar

Penjelasan :

Beredar sebuah video di media sosial TikTok yang mengklaim bahwa lima negara menerima Rupiah sebagai alat tukar. Negara tersebut adalah Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, dan negara timur tengah.

Dilansir dari turnbackhoax.id, informasi tersebut tidak sepenuhnya benar. Pada November 2022 lalu, bank sentral Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina menyepakati kerja sama konektivitas pembayaran kawasan. Pembayaran yang dimaksudkan ialah melakukan transaksi langsung menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) atau BI Fast dengan skema local currency settlement (LCS). Bank Indonesia (BI) terus berupaya mewujudkan kerja sama ini bukan hanya dengan empat negara di atas, melainkan akan mencakup negara-negara ASEAN bahkan negara anggota G20. Sebelum ada kebijakan ini, beberapa negara juga menggunakan Rupiah sebagai alat tukarnya, seperti Timor Leste dan Arab Saudi. Pedagang di kawasan perbatasan dan pariwisata menerima mata uang Rupiah yang dikonversi dari mata uang negara tersebut.

Link Sumber

https://turnbackhoax.id/2022/12/30/salah-lima-negara-terima-rupiah-sebagai-alat-tukar/

https://cekfakta.com/focus/11295

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...