[Disinformasi] Video Massa Geruduk Kemenkeu Tuntut Menkeu Sri Mulyani Mundur

07 Maret 2023 | 306 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Video Massa Geruduk Kemenkeu Tuntut Menkeu Sri Mulyani Mundur

Penjelasan :

Beredar pada media sosial Facebook sebuah video dengan narasi yang mengeklaim bahwa ribuan massa berdemo di depan Gedung Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menuntut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mundur dari jabatannya.

Dilansir dari merdeka.com, klaim ribuan massa berdemo menuntut Menkeu Sri Mulyani mundur dari jabatannya adalah tidak benar. Tidak ada informasi valid terkait isu tersebut. Adapun video yang beredar identik dengan foto yang pernah diunggah oleh situs tribunnews.com berjudul "Jalan di Depan Rutan Cipinang Ditutup Massa Pendukung Ahok" pada 9 Mei 2017. Sementara, isi video yang menampilkan Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih identik dengan video yang diunggah YouTube Ombudsman RI pada 1 Maret 2023. Dapat disimpulkan bahwa foto dalam thumbnail video tidak ada kaitannya dengan massa yang disebut menuntut Menkeu Sri Mulyani mundur dari jabatannya.

Link Sumber

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-video-massa-geruduk-kemenkeu-tuntut-menkeu-sri-mulyani-mundur.html

https://www.tribunnews.com/metropolitan/2017/05/09/jalan-di-depan-rutan-cipinang-ditutup-massa-pendukung-ahok

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...