[Hoax] Metro TV Tayangkan Metode Pengobatan Mata

05 Mei 2023 | 260 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Metro TV Tayangkan Metode Pengobatan Mata

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan pada media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa Metro TV memberitakan tentang metode pengobatan mata dari seorang mahasiswa kedokteran. Unggahan tersebut memuat narasi bahwa mahasiswa tersebut menemukan obat untuk mengobati sembilan dari sepuluh penyakit mata, tanpa operasi, dan dapat sembuh dalam waktu tujuh hari.

Faktanya, unggahan yang menyebutkan bahwa Metro TV memberitakan tentang penemuan metode pengobatan mata yang dapat digunakan untuk sembilan dari sepuluh penyakit mata dari mahasiswa kedokteran asal Indonesia adalah salah. Dikutip dari cekfakta.tempo.co, foto yang dibagikan merupakan rekayasa digital dari dua foto yang berbeda. Potongan foto yang ditampilkan dalam pemberitaan tersebut diketahui merupakan foto mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto dr. Terawan Agus Putranto saat memberikan keterangan sebelum meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat pada Selasa, 22 Oktober 2019. Tidak ditemukan juga informasi yang valid terkait penemuan metode pengobatan mata dari mahasiswa kedokteran asal Indonesia dari sumber kredibel.

Link Sumber

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2258/keliru-unggahan-berisi-klaim-metro-tv-tayangkan-metode-pengobatan-mata

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...