[Disinformasi] Bill Gates Jadwalkan Pandemi Lain Tahun 2025 dengan Virus SEERS

07 Mei 2023 | 320 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Bill Gates Jadwalkan Pandemi Lain Tahun 2025 dengan Virus SEERS

Penjelasan :

Beredar di media sosial Facebook sebuah video dengan klaim bahwa Bill Gates telah menjadwalkan pandemi lain tahun 2025. Disebutkan bahwa pandemi tersebut berasal dari virus bernama sindrom pernapasan enterovirus epidemi parah (SEERS).

Faktanya, klaim pada video tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari jalahoaks.jakarta.go.id yang mengutip dari apnews.com, SEERS merupakan penyakit fiktif yang dibuat untuk latihan menyimulasikan pandemi yang diadakan di Brussels, Belgia pada Oktober 2022. Cuplikan video tersebut diambil dari akun YouTube centerforhealthysecurity dengan judul "Catastrophic Contagion Highlight Reels". Latihan tersebut menyimulasikan serangkaian pertemuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), di mana para peserta membahas cara terbaik untuk menanggapi penyakit yang ditemukan.

Link Sumber

https://jalahoaks.jakarta.go.id/detail/HOAKS-Bill-Gates-Telah-Jadwalkan-Pandemi-Lain-Tahun-2025-Karena-Virus-SEERS

https://apnews.com/article/fact-check-pandemic-seers-virus-2025-784933703300

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...