[Hoax] Akun Telegram Chika Bot BPJS Kesehatan

08 Mei 2023 | 803 Kali | Alit

Akun Telegram Chika Bot BPJS Kesehatan

Penjelasan :

“Halo, Sahabat!!

Dalam rangka penerbitan Jurnal Jaminan Kesehatan Vol. 3 No. 1 Tahun 2023, BPJS Kesehatan membuka kesempatan bagi Sahabat yang ingin berkontribusi dalam menulis artikel ilmiah di Jurnal JKN “Peningkatan Mutu Jaminan Kesehatan Nasional”

Autodebet Iuran JKN-KIS Anti Ribet

Silakan pilih opsi menu yang Sahabat inginkan”

Penjelasan:

Beredar sebuah akun Telegram yang mengatasnamakan Chika Bot BPJS Kesehatan. Akun tersebut meminta peserta untuk mengunduh atau menginstal file dengan nama update aplikasi mobile JKN berbentuk apk.

Berdasarkan hasil penelusuran, telah banyak akun palsu di Telegram yang mengatasnamakan bot BPJS Kesehatan. Faktanya, BPJS Kesehatan melalui akun Twitter resminya @BPJSKesehatanRI merupakan akun palsu. Pihaknya menjelaskan bahwa Chika Bot BPJS Kesehatan hanya dapat diakses melalui Telegram bot http://t.me/Chika_BPJSKesehatan_bot, WhatsApp dengan nomor 0811-8750-400, dan Facebook Messenger BPJS Kesehatan yang terverifikasi.

BPJS Kesehatan juga telah memberikan klarifikasi bahwa pihaknya tidak pernah meminta peserta untuk mengunduh/menginstal file berbentuk apk. Segala informasi resmi tentang BPJS Kesehatan dapat dicek melalui ke BPJS Kesehatan Care Center 165 atau akun media sosial resmi BPJS Kesehatan.

Dengan demikian, grup Telegram yang mengatasnamakan Chika Bot BPJS Kesehatan tersebut merupakan konten tiruan.

Link Sumber

https://twitter.com/BPJSKesehatanRI/status/1648628650298990593?s=20

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...