[Disinformasi] Gibran Laporkan Anies Baswedan ke KPK

12 Juni 2023 | 283 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Gibran Laporkan Anies Baswedan ke KPK

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan video pada platform Facebook yang mengeklaim bahwa Wali Kota Surakarta (Solo) Gibran Rakabuming Raka melaporkan Anies Baswedan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pada thumbnail video diperlihatkan gambar Anies Baswedan yang sedang ditangkap pihak KPK dengan narasi "GIBRAN LAPORK4N ANIES KE KPK !! LANGSUNG DI GREBEK, HASIL SITAAN MENGEJUTKAN".

Faktanya, klaim pada unggahan tersebut tidak benar. Dilansir dari kompas.com, tidak ditemukan informasi mengenai Gibran melaporkan Anies Baswedan ke KPK. Narator pada video tersebut membacakan artikel yang berasal dari kilat.com berjudul "Viral Nama-nama dari Istana Diduga Terlibat Kasus Johnny G Plate, Refly Harun: Mereka Tidak Akan Bersuara". Sementara beberapa klip pada video juga tidak memiliki keterkaitan dengan narasi Gibran melaporkan Anies Baswedan ke KPK sehingga ditemukan ketidaksesuaian antara judul dengan isi video.

Link Sumber

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/06/10/090448082/hoaks-gibran-laporkan-anies-baswedan-ke-kpk?page=all#page2

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...