[Hoax] Tangkapan layar Akun Whatsapp yang mencoba menawarkan bantuan Donasi untuk tempat Ibadah yang di bagikan oleh Pemkab Buleleng.

14 Agustus 2023 | 180 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Tangkapan layar Akun Whatsapp yang mencoba menawarkan bantuan Donasi untuk tempat Ibadah yang di bagikan oleh Pemkab Buleleng.

Penjelasan :

Terdapat Tangkapan layar percakapan di whatsapp yang mengaku sebagai Wakil Bupati Buleleng, Bapak dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG. yang menawarkan bantuan donasi untuk tempat ibadah yang diberikan oleh Pemkab. Buleleng. Modusnya adalah dengan mengirimkan pesan kepada pengurus tempat ibadah terkait adanya bantuan donasi dan ketika bukti transfer donasi sudah dikirim, penerima di chat kembali bahwa donasi tersebut salah transfer dan di suruh untuk mengembalikan kelebihan transfer.

Sesuai laporan tersebut, kami menegaskan akun tersebut dengan nomor (083136863154), merupakan akun palsu yang mengatasnamakan Bapak dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG., Beliau adalah Wakil Bupati Buleleng masa tugas 2012-2022, dimana saat ini sudah tidak lagi menjabat sebagai Wakil Bupati Buleleng. Selanjutnya jika di chat atau bertukar pesan dengan akun tersebut atau menerima pesan dengan modus tersebut, mohon untuk diabaikan di mohon bantuan untuk dilaporkan. 

Modus lainnya yang dilakukan biasanya adalah dengan mengirim pesan ke orang terdekat, bawahan atau masyarakat dengan membangun komunikasi terlebih dahulu, sebelum melancarkan aksi penipuan yang menggunakan figur Pejabat sebagai objek yang terpercaya.

Mohon berharap untuk waspada atas akun whatsapp baru yang mengaku sebagai pimpinan atau pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Buleleng, sampai ke Perbekel/Lurah. Utamakan untuk mengkonfirmasikan terlebih dahulu, bisa kepada kami, atau jajaran di Pemkab. Buleleng.

Link Sumber

Laporan Langsung

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...