[Hoax] Video Keprihatinan Soeharto terhadap Rusaknya UU dan Demokrasi

19 Februari 2024 | 157 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Video Keprihatinan Soeharto terhadap Rusaknya UU dan Demokrasi

Penjelasan :

Beredar sebuah video yang menampilkan sosok Presiden RI kedua, Soeharto, sedang berbicara mengkritik Presiden Joko Widodo. Video tersebut disebarkan dengan klaim Soeharto memprihatinkan era sekarang yang lebih parah dan kejam dibandingkan era Orde Baru.

Setelah dilakukan pemeriksaan, ditemukan fakta bahwa video tersebut merupakan hasil rekayasa AI. Mafindo memverifikasi keaslian audio tersebut dengan menggunakan tools elevenlabs.io. Hasilnya, Eleven Labs menyimpulkan dengan tingkat probabilitas 10 persen, kemungkinan besar file audio tersebut tidak dibuat dengan Eleven Labs. Namun tools Eleven Labs memiliki keterbatasan, karena pendeteksi suara AI mereka hanya mendeteksi apabila klip audio tersebut menggunakan Eleven Labs.

Mafindo juga membandingkan analisis tersebut dengan menggunakan tools AI Voice Detector, alat untuk menganalisis berbagai fitur file audio untuk menentukan apakah rekaman suara dihasilkan oleh AI atau suara manusia. Alat ini diklaim menggunakan algoritma canggih yang memperhitungkan berbagai faktor, seperti pitch, nada, dan infleksi suara, serta isyarat halus lainnya yang mungkin mengindikasikan suara yang dihasilkan oleh AI.

Ketika audio tersebut diverifikasi menggunakan aivoicedetector.com, hasil probabilitas AI 98,61 persen. Probabilitas ini memperkuat fakta bahwa audio yang digunakan pada sumber merupakan hasil rekayasa AI.

Link Sumber

https://elevenlabs.io/ai-speech-classifier

https://aivoicedetector.com/

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...