[Hoax] Mahfud Md dan Cak Imin Adalah Tim Sukses Prabowo

21 Februari 2024 | 218 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Mahfud Md dan Cak Imin Adalah Tim Sukses Prabowo

Penjelasan :

Beredar sebuah video yang memperlihatkan foto Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar, beserta narasi yang menyebut jika keduanya merupakan bagian dari tim sukses pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Video tersebut dibagikan oleh akun TikTok @prabowosubian02 pada 18 Februari 2024. Sampai dengan artikel ini dibuat, video tersebut telah disukai oleh 12.900 pengguna TikTok dan dibagikan sebanyak 1.456 kali.

Namun narasi yang disampaikan dalam video tersebut adalah HOAKS. Coba melakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui jika Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar bukan termasuk ke dalam jajaran tim sukses Prabowo-Gibran. Melansir dari detik.com pada artikel berjudul “Daftar Lengkap Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran dan Strukturnya” yang terbit pada 7 November 2023, tidak ditemukan adanya nama Mahfud MD dan Cak Imin di dalamnya.

Mahfud MD diketahui bergabung pada proses tahapan pemilu 2024 sebagai calon wakil presiden bersama dengan Ganjar Pranowo sebagai pasangan Capres dengan nomor urut 3. Sementara Muhaimin Iskandar atau Cak Imin turut serta di pemilu 2024 sebagai calon wakil presiden bersama dengan Anies Baswedan sebagai pasangan Capres dengan nomor urut 1.

Berdasar seluruh referensi, dapat dipastikan bahwa video yang disebarkan oleh akun TikTok @prabowosubian02 dengan klaim Mahfud MD dan Cak Imin adalah tim sukses Prabowo adalah TIDAK BENAR. Video tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Link Sumber

https://www.cnbcindonesia.com/news/20231106173024-4-486812/simak-susunan-lengkap-tim-kampanye-nasional-prabowo-gibran

https://www.detik.com/sulsel/berita/d-7023833/daftar-lengkap-tim-kampanye-nasional-prabowo-gibran-dan-strukturnya

https://nasional.kompas.com/read/2023/11/06/17163741/daftar-lengkap-270-orang-di-tim-kampanye-nasional-prabowo-gibran

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...