[Hoax] Video Tata Cara Pertolongan Pertama Penyakit Stroke dengan Menusuk Ujung Jari

15 Mei 2024 | 105 Kali | Alit

Video Tata Cara Pertolongan Pertama Penyakit Stroke dengan Menusuk Ujung Jari

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang menampilkan tata cara pertolongan pertama pada orang yang terkena stroke dengan menusukkan jarum di ujung jari-jari. Unggahan video tersebut memperlihatkan telapak tangan seseorang dengan narasi bahwa pertolongan pertama pada penyakit stroke dapat dilakukan dengan menusuk ujung jari-jari secara cepat hingga keluar darah sedikit.

Faktanya, klaim dalam unggahan video tersebut adalah keliru. Dilansir dari cekfakta.tempo.co, Spesialis Neurologi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Abdoer Rahem Situbondo, dr. M. Reza Fathoni, Sp.N menjelaskan bahwa penyembuhan penyakit stroke tidak dapat dilakukan dengan cara menusuk ujung jari-jari menggunakan jarum atau dengan sistem dan fashdu, hal tersebut hanya bisa dilakukan untuk tujuan memperlancar peredaran darah. Lebih lanjut, apabila terkena penyakit stroke terutama jenis trombotik atau penyumbatan pasti mengalami pengentalan darah. Sehingga, seumur hidup memerlukan obat antiplatelet (pengencer darah), seperti jenis aspilet, clopidogrel, untuk diminum setiap hari sebagai secondary prevention terjadinya serangan stroke ulang.

Link Sumber

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2893/keliru-video-berisi-klaim-pertolongan-pertama-penyakit-stroke-dengan-menusuk-jari

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...