[Hoax] Indonesia Sudah Lama Tidak Ada Wabah Polio

31 Juli 2024 | 78 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Indonesia Sudah Lama Tidak Ada Wabah Polio

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan video di media sosial Instagram yang mengeklaim bahwa di Indonesia sudah lama tidak ada wabah Polio. Dalam video tersebut narator mengatakan "di Indonesia itu sudah lama sekali tidak ada wabah polio. Vaksin hanya diberikan untuk mencegah jika ada wabah, jika tidak ada wabah tidak perlu dicegah. KLB polio di Indonesia sudah dijelaskan dengan detail oleh WHO akibat vaksin polio tipe 2 dan solusinya adalah menghentikan vaksinasiā€.

Faktanya, dilansir dari turnbachoax.id, klaim tersebut adalah menyesatkan. Mengutip dari Sehat Negeriku pada 20 Juli 2024, Indonesia telah mengalami berbagai KLB (Kejadian Luar Biasa) Polio sejak tahun 2022 dengan 12 kasus kelumpuhan di 8 provinsi yaitu Provinsi Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Banten. Oleh karena itu sangat penting dilaksanakan pemberian imunisasi tetes tambahan polio secara masal dan serentak dalam Pekan Imunisasi Nasional (PIN) untuk melindungi anak-anak dari virus polio yang menyebar cepat dan dapat menyebabkan kelumpuhan permanen.

Link Sumber

https://turnbackhoax.id/2024/07/30/salah-di-indonesia-sudah-lama-tidak-ada-wabah-polio/

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20240720/2146061/pentingnya-pin-polio-untuk-mencegah-klb/

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...