[Disinformasi] Jokowi Nyekar di Kuburan Widjiatno Notomihardjo Salah Seorang Tokoh Teras PKI

13 Juni 2020 | 3237 Kali | Toni Aryadi

Jokowi Nyekar di Kuburan Widjiatno Notomihardjo Salah Seorang Tokoh Teras PKI

Penjelasan :

Beredar foto di sebuah sosial media Facebook yang memperlihatkan Presiden Jokowi sedang duduk di depan kuburan. Unggahan foto tersebut disertai dengan narasi "Ini bukan su’uzan, bukan juga ghibah. Tapi fakta: Ngapain Jokowi nyekar di kuburan Widjiatno Notomihardjo – salah seorang tokoh teras PKI – Partai Komunis Indonesia."

Setelah ditelusuri, klaim bahwa Presiden Joko Widodo nyekar di kuburan Widjiatno Notomihardjo salah seorang tokoh teras PKI adalah klaim yang salah. Faktanya, tidak ada bukti bahwa ayah Presiden Joko Widodo, Widjiatno Notomihardjo adalah seorang tokoh teras PKI. Foto yang diunggah oleh sumber klaim merupakan momen Jokowi berziarah ke makam ayahnya, Widjiatno Notomihardjo di Jawa Tengah 14 Juni 2014. Kala itu, Jokowi masih menjadi calon Presiden RI.

Link Sumber

https://turnbackhoax.id/2020/06/10/salah-jokowi-nyekar-di-kuburan-widjiatno-notomihardjo-salah-seorang-tokoh-teras-pki/

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/GbmY9Y3b-foto-penampakan-jokowi-nyekar-di-makam-tokoh-teras-pki-ini-faktanya

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...