[Disinformasi] Foto Ratusan Burung di India Mati karena Corona

19 Mei 2021 | 566 Kali | Edy Krisna

Foto Ratusan Burung di India Mati karena Corona

Penjelasan :

Beredar unggahan foto di media sosial Facebook yang memperlihatkan ratusan burung tergeletak di tanah. Unggahan itu disertai narasi yang mengklaim bahwa gambar tersebut merupakan foto burung-burung di India yang mati karena virus Corona.

Dilansir dari Kumparan.com, unggahan foto yang diklaim sebagai foto ratusan burung di India yang mati karena virus Corona adalah keliru. Berdasarkan penelusuran laman cek fakta AFP, diketahui foto tersebut telah beredar sejak 2016, tahun di mana pandemi Corona belum ada di India dan dunia. Foto yang sama juga pernah muncul dalam pemberitaan India  di The News Minute pada 16 April 2016. Dalam laporan itu dituliskan, burung-burung tersebut mati karena makan benih yang terkontaminasi pestisida. Sementara itu, kasus Corona pertama di India dilaporkan pada Januari 2020.

Link Sumber

https://kumparan.com/kumparannews/hoaxbuster-viral-foto-ratusan-burung-di-india-mati -karena-corona-1vlb4XRzvZ5/full

https://factcheck.afp.com/image-has-circulated-online-least-2016

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...