[Hoax] Anies Baswedan Berkali-Kali Salah Mengucapkan Sumpah Jabatan

16 Mei 2022 | 695 Kali | Alit

Anies Baswedan Berkali-Kali Salah Mengucapkan Sumpah Jabatan

Penjelasan :

Beredar sebuah video di media sosial Facebook yang menampilkan acara pelantikan dan sumpah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Di dalam video tersebut dapat dilihat bahwa saat mengucapkan sumpah, Anies mengulang sebanyak lebih dari 3 kali akibat kurang tepat mengulangi kalimat yang disampaikan Presiden Joko Widodo.

Namun saat ditelusuri lebih lanjut, video yang beredar ini merupakan sebuah hoaks. Melansir dari video pelantikan Gubernur DKI Jakarta yang disiarkan melalui Youtube CNN Indonesia, terlihat gubernur terpilih, Anies Baswedan, tidak mengulang sumpah berkali-kali seperti yang ada di dalam video Facebook tersebut. Di dalam video aslinya, Anies hanya mengulang salah satu kalimat sumpah sebanyak satu kali karena ada kata-kata yang terlewat untuk disebutkan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa video Anies Baswedan yang berkali-kali mengulang sumpah jabatannya merupakan video hoaks kategori manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

Link Sumber

REFERENSI

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...