[Disinformasi] Daftar Bansos DTKS Melalui Aplikasi Check Kontribusi Sosial

13 Juni 2022 | 520 Kali | Alit

Daftar Bansos DTKS Melalui Aplikasi Check Kontribusi Sosial

Penjelasan :

Beredar sebuah situs yang memublikasikan artikel berjudul "Cara Daftar Bansos PKH Secara Online 2022". Dalam artikel yang terbit pada 30 Mei 2022 tersebut menjelaskan langkah-langkah pendaftaran bantuan sosial DTKS dari Kementerian Sosial secara online dengan cara mengunduh program Check Kontribusi Sosial di Play Toko. Langkah-langkah tersebut diklaim berasal dari situs Kementerian Kesehatan dan Kementerian Sosial.

Faktanya, klaim cara pendaftaran DTKS online melalui aplikasi Check Kontribusi Sosial adalah tidak benar. Berdasarkan penelusuran tempo.co yang membandingkan informasi tersebut dengan publikasi resmi di laman Kementerian Sosial RI, ditemukan fakta bahwa pendaftaran DTKS melalui online secara resmi hanya melalui aplikasi Cek Bansos Kemensos, bukan aplikasi Check Kontribusi Sosial.

Link Sumber

https://cekfakta.tempo.co/fakta/1727/keliru-daftar-bansos-dtks-melalui-aplikasi-check-kontribusi-sosial

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...