[Hoax] Shopee Bagi Hadiah Rp185Juta Diumumkan Secara Resmi Via SMS

24 Januari 2023 | 2573 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Shopee Bagi Hadiah Rp185Juta Diumumkan Secara Resmi Via SMS

Penjelasan :

Beredar sebuah pesan melalui SMS yang menyampaikan bahwa Shopee membagikan hadiah sebesar Rp185Juta kepada nomor yang dituju dari SMS tersebut, dalam pesan tersebut juga disampaikan bahwa penerima pesan diarahkan untuk mengunjungi tautan Tinyurl yang diberikan dan menghubungi nomor WhatsApp tercantum. Setelah dikunjungi, tautan tersebut mengarah pada sebuah web blogspot.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, Shopee tidak pernah membagikan informasi mendapatkan hadiah via SMS. Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Public Relations Lead Shopee Indonesia, melalui Kompas.com pihak Shopee menegaskan bahwa informasi pembagian hadiah mengatasnamakan Shopee yang beredar lewat SMS adalah tidak benar, jika ada pemenang hadiah Shopee akan menghubungi via aplikasi tidak melalui SMS. Selain itu, melalui penelusuran via Customer Service Shopee, telah dikonfirmasi bahwa Shopee tidak akan mengumumkan pemenang hadiah SMS dengan menggunakan nomor pribadi serta membagikan tautan blogspot.

Masyarakat diimbau untuk selalu berhati-hati dengan pesan yang mengatasnamakan perusahaan besar seperti hoax tersebut via SMS yang berpotensi untuk menipu dan scaming via tautan yang diberikan. Dengan demikian, Shopee bagi hadiah Rp185juta diumumkan secara resmi via SMS merupakan hoax dengan kategori Konten Palsu.

Link Sumber

https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/09/172523865/hoaks-pesan-singkat-hadiah-rp-175-juta-dari-shopee?page=all

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-nomor-mengatasnamakan-shopee-dan-janjikan-hadiah.html

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...