[Disinformasi] Indonesia Keluar dari Keanggotaan APEC

20 September 2023 | 197 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Indonesia Keluar dari Keanggotaan APEC

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook dengan narasi yang mengeklaim bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan Indonesia keluar dari keanggotaan Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC).

Dilansir dari kompas.com, pernyataan Presiden Jokowi pada video tersebut tidak terkait dengan klaim Indonesia keluar dari keanggotaan APEC. Faktanya, video aslinya merupakan video saat Presiden Jokowi mengumumkan pencabutan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 30 Desember 2022. Video asli dipotong dan dicatut dengan tambahan narasi yang keliru. Selain itu, tidak ditemukan bukti Indonesia keluar dari keanggotaan APEC. Situs APEC masih menampilkan Indonesia sebagai salah satu anggota. Saat ini APEC memiliki 21 anggota yang terdiri dari berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia.

Link Sumber

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/09/19/145300582/-hoaks-indonesia-keluar-dari-keanggotaan-apec?page=all

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...