[Disinformasi] Rusia Borong Alutsista Indonesia untuk Lawan Ukraina dan Amerika Serikat

06 Maret 2023 | 328 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Rusia Borong Alutsista Indonesia untuk Lawan Ukraina dan Amerika Serikat

Penjelasan :

Beredar unggahan di media sosial Facebook yang menampilkan video kolase alat utama sistem senjata (alutsista) dengan narasi yang menyebutkan bahwa Rusia memborong tujuh alutsista Indonesia untuk digunakan melawan Ukraina dan Amerika Serikat. Video tersebut juga menampilkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Rusia Vladimir Putin yang sedang duduk bersama.

Dilansir dari laman cekfakta.tempo.co, video dengan klaim Rusia borong alutsista Indonesia untuk lawan Ukraina dan Amerika Serikat adalah keliru. Pada Maret 2018, Rusia memang memesan tujuh kapal pabrikan Indonesia. Namun, tidak ada pernyataan bahwa kapal itu akan digunakan untuk melawan Ukraina dan Amerika Serikat. Kemudian, pertemuan Presiden Jokowi dan Vladimir Putin dalam konten video itu tidak membahas soal pembelian senjata, melainkan membicarakan soal kerja sama di bidang energi dan pembangunan infrastruktur.

Link Sumber

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2161/keliru-rusia-borong-alutsista-indonesia-untuk-lawan-ukraina-dan-amerika-serikat

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...