[Hoax] Informasi Cek Dana PKH Mengatasnamakan Kementerian Sosial

11 Maret 2023 | 239 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Informasi Cek Dana PKH Mengatasnamakan Kementerian Sosial

Penjelasan :

Beredar di media sosial sebuah pesan berantai melalui WhatsApp yang mencatut nama Kementerian Sosial (Kemensos) berisi sebuah informasi tentang Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan sosial (bansos) dari Kemensos. Pesan tersebut juga mengirimkan lampiran file dokumen dengan judul “Bantuan Sosial” dengan ekstensi Android Package Kit (APK).

Faktanya, melalui surat yang dikirim langsung ke Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kemensos menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar dan dapat merugikan bagi pihak yang membuka dan menginstal file ekstensi APK tersebut. Kemensos tidak pernah mengirimkan dokumen dengan ekstensi APK untuk diinstal dan mengimbau masyarakat untuk tidak mengikuti arahan tersebut.

Link Sumber

Surat Kementerian Sosial Republik Indonesia

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...