[Hoax] Video Penangkapan Ketua DPR RI oleh KPK Berkat Mahfud MD dan Basuki Tjahaja Purnama

06 April 2023 | 259 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Video Penangkapan Ketua DPR RI oleh KPK Berkat Mahfud MD dan Basuki Tjahaja Purnama

Penjelasan :

Terdapat unggahan video YouTube dengan judul "BERKAT BANTUAN MAHFUD MD DAN AHOK RESMI AUDIT !!" disertai dengan thumbnail video "KPK TANGKAP KETUA DPR!! SIASAT CERDIK AHOK DAN MAHFUD AKHIRNYA BERHASIL." Video tersebut mengeklaim bahwa Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkat bantuan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Faktanya, informasi yang disampaikan pada judul dan thumbnail unggahan video mengenai penangkapan Ketua DPR RI oleh KPK berkat bantuan Mahfud MD dan Ahok adalah tidak benar. Dilansir dari laman cek fakta merdeka.com, diketahui bahwa klaim pada unggahan video tersebut adalah hoaks. Secara keseluruhan, isi video yang berdurasi 8 menit 5 detik tersebut hanya berisi kegiatan dari anggota DPR dan tidak menunjukkan atau menampilkan terkait penangkapan Ketua DPR oleh KPK. Dilihat dari situs dpr.go.id, Ketua DPR tidak ada perubahan dan masih dijabat oleh Puan Maharani. Tidak ditemukan juga pemberitaan terkait Ketua DPR ditangkap KPK.

Link Sumber

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-video-sebut-ketua-dpr-ditangkap-kpk.html

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...