[Disinformasi] Foto “Polisi Jakarta harus Menggerebek Pusat Perbelanjaan Seminyak Village”

17 Mei 2023 | 222 Kali | Alit

Foto “Polisi Jakarta harus Menggerebek Pusat Perbelanjaan Seminyak Village”

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan pada media sosial Facebook yang menampilkan foto aparat kepolisian yang terlibat kericuhan dan disertai dengan narasi "Berita mengejutkan, “Polisi Jakarta harus menggerebek pusat perbelanjaan Seminyak Village, ketika ribuan orang berbaris, menyebabkan kemacetan lalu lintas, meninggalkan banyak yang pingsan dan dirawat di rumah sakit".

Dilansir dari situs turnbackhoax.id, foto aparat kepolisian yang terlibat kericuhan dengan klaim bahwa polisi Jakarta harus menggerebek pusat perbelanjaan Seminyak Village adalah salah. Faktanya, foto tersebut adalah foto unjuk rasa mahasiswa yang berujung ricuh di Patung Kuda, Jakarta Pusat. Salah satu foto asli tersebut ditemukan pada artikel berita kumparan.com yang terbit pada 20 Mei 2022 dengan judul "Demo di Patung Kuda Ricuh, Kapolsek Gambir Terinjak-Injak".

Link Sumber

https://turnbackhoax.id/2023/05/16/salah-foto-polisi-jakarta-harus-menggerebek-pusat-perbelanjaan-seminyak-village/

https://kumparan.com/kumparannews/demo-di-patung-kuda-ricuh-kapolsek-gambir-terinjak-injak-1y6zySO3TGQ/full

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...