[Disinformasi] Persiapan Perang TNI di Kepulauan Riau

21 September 2023 | 186 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Persiapan Perang TNI di Kepulauan Riau

Penjelasan :

Beredar di media sosial Facebook sebuah unggahan video yang memperlihatkan sejumlah pria berseragam loreng mengawasi beberapa truk yang mengangkut tank tempur Tentara Nasional Indonesia (TNI). Video tersebut beredar disertai narasi yang mengeklaim bahwa tank dipersiapkan ke Kepulauan Riau untuk perang TNI.

Dilansir dari kompas.com, video dengan klaim persiapan perang TNI di Kepulauan Riau adalah hoaks. Video tersebut merupakan konten lama yang telah diunggah pada 10 Juni 2021 di platform YouTube dan tidak terkait persiapan perang TNI di Kepulauan Riau. Menurut Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, kegiatan dalam video tersebut adalah pergeseran material tempur (matpur) pada Latihan Antar Kecabangan (Ancab) tahun 2021 di Baturaja, Sumatra Selatan.

Link Sumber

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/09/20/194500982/-hoaks-video-persiapan-perang-tni-di-kepulauan-riau?page=all

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...