[Hoax] Foto Presiden Jokowi Bagikan Buku Bersampul Prabowo - Gibran

13 Februari 2024 | 180 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Foto Presiden Jokowi Bagikan Buku Bersampul Prabowo - Gibran

Penjelasan :

Beredar di media sosial postingan foto Presiden Jokowi sedang membagikan buku bersampul Prabowo - Gibran. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 13 Februari 2024. Dalam postingannya terdapat foto Presiden Jokowi sedang membagikan sejumlah buku dengan sampul Prabowo - Gibran. Postingan itu disertai narasi "Njirr"

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan foto yang identik dengan postingan. Foto itu diunggah oleh Liputan6.com dalam artikel berjudul "5 Aksi Mengejutkan Jokowi Saat Kunjungi Korban Gempa Lombok" yang tayang pada 14 Agustus 2018.

Namun dalam foto asli, Presiden Jokowi membagikan buku yang tidak ada gambar Prabowo - Gibran. Foto itu disertai narasi "Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi membagikan buku saat mengunjungi korban gempa di lapangan Desa Madayin, Sambelia, Lombok Timur, NTB, Senin (30/7). (Agus Suparto/Indonesian Presidential Palace/AFP)".

Link Sumber

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5527086/cek-fakta-tidak-benar-foto-presiden-jokowi-bagikan-buku-bersampul-prabowo-gibran

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...