[Hoax] Perubahan urutan pasangan capres dan cawapres Pilpres 2024

14 Februari 2024 | 150 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Perubahan urutan pasangan capres dan cawapres Pilpres 2024

Penjelasan :

Sebuah video pendek yang mengklaim adanya perubahan urutan pasangan capres dan cawapres Pilpres 2024 di kertas surat suara, beredar di Tiktok, Youtube, Instagram, dan Facebook oleh sebuah akun.

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, namun pengunggah konten mengklaim pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 2 dan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 3.

Sejak dibagikan pada 3 Februari 2024, video ini sudah mendapat 1,248 komentar, disukai 2,835 pengguna Instagram dan 227 ribu kali ditonton. 

PEMERIKSAAN FAKTA

Verifikasi Tempo menunjukkan bahwa nomor urut pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada kertas surat suara yang ada di dalam video itu adalah hasil suntingan, termasuk juga seragam yang dipakai Ganjar-Mahfud MD.

Berbeda dengan surat suara asli yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia. Pada surat suara asli, Ganjar mengenakan baju warna hitam dan Mahfud warna putih. Tidak itu saja, perbedaan juga terdapat pada tata letak atau urutan logo partai pengusung.

Desain asli surat suara untuk calon Presiden dan Wakil Presiden sebenarnya sudah banyak diberitakan diberbagai media, termasuk Kompas.com. Diterbitkan pada 29 November 2023 dengan judul . Dalam berita itu dijelaskan secara rinci, seperti baju, gaya tangan hingga peci yang dipakai.

Desain  surat suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sudah final. Saat ini, surat suara tersebut masih dalam proses distribusikan ke seluruh wilayah.

Dalam desain tersebut, pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, tampak mengenakan peci hitam dengan setelan jas. Keduanya mengangkat tangan seperti menyapa seseorang, hampir serupa dengan pose yang dipakai Anies ketika menang Pilgub DKI Jakarta 2017 ketika berpasangan dengan Sandiaga Uno.

Link Sumber

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2760/keliru-video-berisi-nomor-urut-pasangan-capres-dan-cawapres-pilpres-2024-pada-surat-suara-berganti

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...