[Hoax] Rokok Kretek Lebih Aman daripada Rokok Putih

04 Juni 2024 | 202 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Rokok Kretek Lebih Aman daripada Rokok Putih

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa rokok yang katanya disebut rokok Indonesia (rokok kretek) lebih aman daripada rokok putih. Terdapat dua fakta dalam isu ini. Fakta pertama, rokok bukan merupakan produk asli Indonesia. Fakta kedua, rokok kretek yang mengandung cengkeh sama bahayanya dengan rokok putih.

Faktanya, Dilansir dari turnbackhoax.id Kemenkes RI sendiri telah mengidentifikasi zat berbahaya yang ada pada rokok kretek. Asap dari rokok tersebut mengandung setidaknya tujuh ribu senyawa yang bersifat toksik (racun), mutagenik (pemicu perubahan kromosom), dan karsinogenik (pemicu kanker). Selengkapnya di bagian penjelasan. Dalam hal ini, Kemenkes RI telah mengidentifikasi zat berbahaya yang terkandung pada rokok kretek. Misalnya, asap rokok kretek mengandung senyawa toksik, mutagenik, dan karsinogenik. Selain itu, rokok kretek menghasilkan lebih banyak nikotin, tar, dan karbon monoksida yang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker, penyakit lambung, dan penyakit liver.

Link Sumber

https://turnbackhoax.id/2024/06/04/120821/

https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic/akibat-asap-rokok

https://hellosehat.com/hidup-sehat/berhenti-merokok/rokok-kretek-vs-rokok-filter

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...