[Hoax] Penjualan Apple Watch di Facebook

29 Juni 2024 | 54 Kali | Alit

Penjualan Apple Watch di Facebook

Penjelasan :

Beredar sebuah akun di media sosial Facebook yang mengeklaim dirinya sebagai perwakilan sebuah merek jam tangan terkenal dari Amerika Serikat, yaitu Apple Watch. Akun tersebut menuliskan sebuah narasi panjang yang berisi ajakan untuk membeli jam pintar berjenis Smart Watch 8 Ultra dengan harga murah yaitu Rp229 ribu, dengan melakukan pemesanan melalui sebuah tautan khusus. Harga ini disebutkan sebagai harga diskon dalam rangka pembukaan cabang pertama di Jakarta.

Faktanya, klaim tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari turnbackhoax.id, narasi tersebut terindikasi sebagai penipuan akibat beberapa kejanggalan yang terdapat di dalamnya. Setelah melakukan pengecekan melalui laman resmi milik Apple, tidak ditemukan spesifikasi jam tangan seperti yang disebutkan di dalam narasi tersebut. Apple melalui halaman resminya apple.com, juga telah membagikan 96 lokasi yang dapat dikunjungi oleh pembeli yang ingin membeli Apple Watch secara langsung. Lokasi tersebut terdiri dari toko-toko resmi yang bekerjasama dengan Apple, seperti iBox, Erafone, Digimap, Hello dan Story-i. Jadi dapat disimpulkan, akun Facebook yang berisi narasi ajakan membeli Apple Watch dengan klaim bahwa dirinya ada perwakilan penjualan Apple Watch di Indonesia, merupakan penipuan.

Link Sumber

https://turnbackhoax.id/2024/06/28/penipuan-akun-facebook-menjual-apple-watch/

https://support.apple.com/id-id/111852

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...