[Hoax] Presiden Jokowi akan Bagikan Speaker Bluetooth Gratis

05 Juli 2024 | 72 Kali | Alit

Presiden Jokowi akan Bagikan Speaker Bluetooth Gratis

Penjelasan :

Beredar unggahan di media sosial TikTok sebuah video yang mengeklaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan speaker bluetooth gratis pada akhir masa jabatannya. Video tersebut diunggah pada 19 April 2024 dan telah dilihat sebanyak 532 ribu tayangan.

Faktanya, klaim dalam unggahan tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari kompas.com, setelah dicek oleh tim pencari fakta dengan menelusuri klip Presiden Jokowi berpidato, hasilnya klip tersebut identik dengan video di kanal YouTube Sekretariat Presiden. Dalam video aslinya Presiden Jokowi menyampaikan akan mengunjungi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-Australia pada 5 maret 2024. Selain itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia, Selandia Baru, dan Kamboja. Presiden Jokowi tidak mengatakan akan membagikan speaker bluetooth gratis.

Link Sumber

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/07/04/183000082/-hoaks-video-jokowi-akan-bagikan-speaker-bluetooth-gratis

https://www.youtube.com/watch?v=J5CBU3G3-LM

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...