[Hoax] Garam Dapur NACL Dapat Melawan Virus Corona

17 April 2020 | 861 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Garam Dapur NACL Dapat Melawan Virus Corona

Penjelasan :

Telah beredar informasi melalui aplikasi WhatsApp bahwa garam dapur (NaCl) dapat melawan Virus Corona. Dinarasikan bahwa sebagai hal tersebut adalah hasil eksperimen pribadi, yakni dengan memasukkan sedikit garam dapur ke mulut lalu melarutkan dan menelannya perlahan saat merasakan leher tidak enak dan terasa kering. Garam selain sebagai penyedap dan pengawet makanan juga diklaim dapat membasmi kuman dan sakit kulit, bahkan sebagai senjata melawan Virus Corona. Hanya dalam 1/2 hari tenggorokan yang sakit dapat sembuh.

Faktanya, informasi dalam pesan tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari data.jakarta.go.id, berkumur dengan air garam memang memiliki khasiat membantu menyamankan tenggorokan, namun sampai saat ini belum ada bukti medis yang menyatakan bahwa berkumur dengan garam dapat membantu menangkal atau mengusir infeksi dari serangan Virus Corona.

Link Sumber

http://data.jakarta.go.id/jalahoaks/detail/HOAKS-Garam-dapur-NaCl-Dapat-Melawan-Virus-Corona

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...