[Disinformasi] Warga Hindu di India Buang Patung Dewa karena Corona

25 April 2020 | 1888 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Warga Hindu di India Buang Patung Dewa karena Corona

Penjelasan :

Beredar Sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang berdurasi 5 menit 30 detik yang memperlihatkan sebuah truk terbuka dengan beberapa patung dewa di atasnya berhenti di sebuah jembatan. Selanjutnya, sejumlah orang naik ke truk dan membuang patung-patung tersebut ke sungai. Dalam unggahan video tersebut dinarasikan “Umat Hindu membuang patung yg mereka sembah ke laut, krn tdk dpt membantu mereka dlm mengatasi virus Corona.”

Faktanya, video tersebut adalah video lama yang pernah di upload di kanal Youtube pada tahun 2015 lalu dengan judul “Ganpati Idols Dumped in Sewage River after Festival.” Membuang patung Ganesha ke sungai merupakan rangkaian akhir  pada Festival Ganesh Chaturthi di India. Kesimpulannya, video tentang umat Hindu India yang membuang patung Ganesha ke sungai tidak ada kaitannya dengan Covid-19.

Link Sumber

https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/25/04/2020/hoaks-warga-india-buang-patung-dewa-karena-korona/

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...