[Disinformasi] Ribka Tjiptaning: Saya PKI Jokowi Tak Berani Gebuk Saya, karena Ibunya Ketum Gerwani PKI

16 Juni 2020 | 1480 Kali | Toni Aryadi

Ribka Tjiptaning: Saya PKI Jokowi Tak Berani Gebuk Saya, karena Ibunya Ketum Gerwani PKI

Penjelasan :

Beredar unggahan di media sosial foto anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Ribka Tjiptaning. Dalam foto itu, tertulis kalimat yang seolah-olah merupakan pernyataan Ribka, “Saya PKI. Jokowi tak berani Gebuk saya, karena ibunya ketum Gerwani PKI”. Dalam unggahannya, akun itu juga membagikan sebuah tulisan panjang berjudul “29 bukti Presiden Jokowi PKI”. Tulisan ini antara lain berisi klaim bahwa Jokowi adalah keturunan PKI. “Jokowi sembunyikan indentitas asli dan tempat lahirnya. Jokowi semula tidak ngaku berasal dari Giriroto Ngemplak Boyolali, Basis PKI terbesar di Indonesia 1955-1965”. Selain menyinggung Jokowi, tulisan itu juga menyebut bahwa nama asli orang tua Jokowi disembunyikan.

Faktanya, Ribka tidak pernah menyatakan “Saya PKI”. Klaim ini memutarbalikkan kalimat yang menjadi judul buku yang pernah ditulis Ribka. Buku yang diterbitkan pada 2002 itu berjudul “Aku Bangga Jadi Anak PKI”. Terkait apakah ibu Presiden Jokowi adalah Ketua Umum Gerwani (Gerakan Wanita Indonesia), klaim ini sudah pernah diverifikasi TEMPO pada 5 April 2019.

Link Sumber

https://cekfakta.tempo.co/fakta/832/fakta-atau-hoaks-benarkah-ribka-tjiptaning-sebut-ibu-jokowi-ketua-gerwani-pki

https://cekfakta.tempo.co/fakta/201/fakta-atau-hoaks-benarkah-ibunda-jokowi-merupakan-keturunan-pki

https://radarsolo.jawapos.com/read/2018/12/20/109464/bedah-buku-jokowi-kupas-latar-belakang-sang-presiden?

https://tirto.id/sejarah-keluarga-jokowi-dari-lurah-pedagang-hingga-politikus-eytq?

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...