[Disinformasi] Video Makanan Asli dan Palsu Buatan China

25 Agustus 2020 | 658 Kali | Toni Aryadi

Video Makanan Asli dan Palsu Buatan China

Penjelasan :

Diunggah oleh salah satu akun Twitter sebuah konten video yang menampilkan beberapa jenis makanan palsu dan asli, dengan narasi unggahan yang menggambarkan agar tidak memakan makanan yang dibuat di China. 

Faktanya, klaim unggahan yang seolah menggambarkan agar tidak memakan makanan yang dibuat di China karena terindikasi makanan palsu tersebut adalah salah. Diketahui bahwa unggahan tersebut tidak menggambarkan makanan yang dibuat di China. Dari hasil penelusuran turnbackhoax.id mengenai video tersebut, ditemukan bahwa video itu merupakan potongan video yang berasal dari unggahan akun Facebook Blossom yang diunggah pada 1 Juni 2019 dengan judul  “Is your food fake or real? Find out with these 16 easy tests at home!”. Saat ini video tersebut telah dihapus karena beberapa dari klaim di video tersebut adalah salah dan menyesatkan berdasarkan pada hasil pemeriksaan fakta. Adapun video serupa diunggah kembali oleh akun YouTube Rytopia dengan judul “Fake Food vs Real Food Test. What is in it that we eat?” pada 3 Juni 2019.

Link Sumber

https://turnbackhoax.id/2020/08/25/salah-video-perbandingan-makanan-asli-dan-palsu-yang-dibuat-di-china/

https://www.snopes.com/fact-check/fake-real-food-tests/

https://cekfakta.com/focus/4707

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...