[Hoax] Modus Penipuan Mengatasnamakan Kepala Bappeda Kabupaten Buleleng

27 Desember 2021 | 593 Kali | Toni Aryadi

Modus Penipuan Mengatasnamakan Kepala Bappeda Kabupaten Buleleng

Penjelasan :

Beredar akun whatsapp mengatasnamakan Kepala Bappeda Kabupaten Buleleng,  Bapak Gede Gunawan Ap. Akun kloning tersebut juga menggunakan foto profil dari Bapak Gede Gunawan Ap., modusnya adalah dengan mengirim pesan ke orang terdekat, bawahan atau masyarakat dengan membangun komunikasi terlebih dahulu, selanjutnya dengan menawarkan lelang mobil  dari Kementrian Keuangan Negara Republik Indonesia dengan cicilan murah 0% tanpa bunga dengan syarat mudah dengan mengirimkan data diri berupa KTP, KK dan NPWP. Modus seperti ini mengandung unsur pencemaran nama baik, berujung modus penipuan dan pembunuhan karakter, untuk lolos lelang orang yg ditargetkan akan dimintakan sejumlah uang. Hal ini dihadapkan langsung dengan UU ITE No 16 Tahun 2016, selain itu data pribadi yang dikirim oleh korban juga dapat digunakan kembali oleh pelaku untuk melakukan pinjaman online.

Sesuai laporan tersebut, kami menegaskan akun tersebut (+6287771507179) tersebut pada gambar bukan akun whatsapp dari Kepala Bappeda Kabupaten Buleleng,  Bapak Gede Gunawan Ap. Mohon berharap untuk waspada atas akun whatsapp baru yang mengaku sebagai pimpinan atau pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Buleleng, sampai ke Perbekel/Lurah. Utamakan untuk mengkonfirmasikan terlebih dahulu, bisa kepada kami, atau jajaran di Pemkab. Buleleng. 

Link Sumber

Konfirmasi Langsung

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...