[Hoax] Video “Jokowi bebaskan H R S dan langsung dibawa ke istana untuk dilantik jadi Menag gantikan Yaqut”

08 Maret 2022 | 531 Kali | Alit

Video “Jokowi bebaskan H R S dan langsung dibawa ke istana untuk dilantik jadi Menag gantikan Yaqut”

Penjelasan :

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) membebaskan dan membawa Habib Muhammad Rizieq Shihab ke istana serta melantik Habib Rizieq menjadi Menteri Agama menggantikan Yaqut Cholil Qoumas merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, sampai saat ini Menteri Agama masih Yaqut Cholil Qoumas. Selain itu, foto thumbnail di video itu adalah hasil editan dari foto ketika Presiden Joko Widodo menggenggam tangan Habib Luthfi dan KH Ma’ruf pada saat menghadiri Festival Sholawat Piala Presiden 2018.

Di video berdurasi 8 menit 34 detik itu sendiri tidak ada sama sekali informasi tentang resuffle kabinet atau pergantian Menteri Agama seperti yang disajikan di judul dan thumbnail. Dilansir dari situs resmi kemenag.go.id, saat ini Menteri Agama masih dijabat oleh Yaqut Cholil Qoumas.

Sementara foto Presiden Jokowi yang asli, salah satunya dimuat di artikel berjudul “Genggaman Tangan Jokowi dengan Habib Luthfi dan KH Ma’ruf Amin” yang terbit di situs Detikcom pada 24 Februari 2018.

 

 

 

 

Link Sumber

https://kemenag.go.id/artikel/menteri-agama

https://news.detik.com/foto-news/d-3884192/genggaman-tangan-jokowi-dengan-habib-luthfi-dan-kh-maruf-amin

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...