[Disinformasi] Cina Gunakan Senjata Kimia untuk Serang TNI

01 Februari 2023 | 267 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Cina Gunakan Senjata Kimia untuk Serang TNI

Penjelasan :

Beredar unggahan video di media sosial Facebook yang mengklaim bahwa Cina menggunakan senjata kimia untuk melumpuhkan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Video tersebut berisi beberapa potongan video yang memperlihatkan Tentara Cina, TNI, dan Presiden Cina Xi Jinping yang sedang berpidato.

Berdasarkan hasil penelusuran cekfakta.tempo.co, video yang mengklaim Cina menggunakan senjata kimia untuk melumpuhkan TNI adalah keliru. Video saat Presiden Xi Jinping tampil tersebut tidak menyampaikan tentang senjata kimia. Ia berpidato jelang Tahun Baru 2023 terkait pencapaian negaranya selama 2022, memberi hormat atas upaya luar biasa dalam memerangi Covid-19, serta menyerukan persatuan di antara 1,4 miliar orang Cina untuk mengatasi tugas berat dan melewati masa-masa sulit.

Link Sumber

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2137/keliru-cina-gunakan-senjata-kimia-untuk-serang-tni

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...