[Disinformasi] Vladimir Putin Kaget Jokowi Resmi Umumkan Boikot Uni Eropa

05 Maret 2023 | 300 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Vladimir Putin Kaget Jokowi Resmi Umumkan Boikot Uni Eropa

Penjelasan :

Beredar unggahan video di media sosial Facebook dengan judul “Putin Langsung Kaget, dengan Berani Jokowi Resmi Umumkan Boikot Uni Eropa-Embargo minyak Rusia”. Video tersebut menarasikan bahwa Indonesia ancam boikot Uni Eropa (UE) dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Indonesia mempertimbangkan akan memboikot beberapa produk UE.

Berdasarkan penelusuran cekfakta.tempo.co, video dengan narasi “Vladimir Putin kaget Presiden Joko Widodo resmi umumkan boikot Uni Eropa” adalah menyesatkan. Faktanya, rencana boikot produk UE yang disampaikan Luhut Binsar Pandjaitan adalah berkaitan dengan kebijakan UE yang akan menghentikan penggunaan minyak sawit untuk biodiesel karena dianggap ekspansif dan merusak lingkungan hidup. Pernyataan ini disampaikan pada tanggal 20 Maret 2019. Pernyataan Luhut tersebut tidak ada kaitannya dengan embargo minyak Rusia yang dilakukan UE sebagai sanksi atas Rusia yang menginvasi Ukraina yang berlangsung sejak tanggal 24 Februari 2022.

Link Sumber

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2164/menyesatkan-narasi-putin-kaget-jokowi-resmi-umumkan-boikot-uni-eropa

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...