[Disinformasi] Video IKN Dapat Maju karena Dibantu oleh Singapura

19 Juni 2023 | 211 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Video IKN Dapat Maju karena Dibantu oleh Singapura

Penjelasan :

Beredar di media sosial Instagram sebuah video yang memperlihatkan pidato Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong terkait investasi di Indonesia. Unggahan tersebut disertai narasi bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memohon kepada PM Singapura untuk berinvestasi kepada Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara agar proyek tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Faktanya, narasi yang mengeklaim bahwa Presiden Jokowi memohon kepada PM Singapura untuk berinvestasi kepada IKN Nusantara agar proyek tersebut dapat berjalan dengan lancar adalah tidak benar. Dilansir dari turnbackhoax.id, video tersebut merupakan potongan video pidato PM Singapura Lee Hsien Loong ketika acara May Day Rally (Hari Buruh) tahun 2015. Sementara itu, pada tahun tersebut belum muncul pembicaraan atau pemberitaan terkait investasi Singapura di IKN Nusantara.

Link Sumber

https://turnbackhoax.id/2023/06/17/salah-video-majulah-singapura-ikn-di-bantu-ya/

https://www.youtube.com/watch?v=poFGeKDaagI&t=920s&ab_channel=PrimeMinister%27sOffice%2CSingapore

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...