[Hoax] Rencana PKI Gaya Baru Bocor Lewat Rekaman Video

21 Juni 2023 | 184 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Rencana PKI Gaya Baru Bocor Lewat Rekaman Video

Penjelasan :

Beredar sebuah rekaman video di media sosial Facebook dengan tampilan visual tidak jelas, tetapi diklaim memutarkan audio berisi bocornya rencana Partai Komunis Indonesia (PKI) bergaya baru dengan menyusupkan kader-kader ke dalam instansi pemerintahan, organisasi masyarakat, dan organisasi keagamaan.

Dilansir dari jalahoaks.jakarta.go.id, klaim yang menyebutkan bahwa rencana PKI bergaya baru telah bocor melalui rekaman video adalah keliru. Diketahui bahwa rekaman video tersebut diambil dari dua video yang berbeda. Video pertama memuat mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Gatot Nurmantyo saat menjadi narasumber di Universitas Indonesia (UI) pada 2014 lalu. Video tersebut telah disunting sedemikian rupa sehingga memunculkan tafsir lain. Sementara itu, video kedua memuat Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah menteri dan pejabat negara menyampaikan hasil laporan dari Tim Penyelesaian Non-Yudisial Pelanggaran Hak Asasi Manusia yang Berat (Tim PHAM). Video tersebut turut disunting sehingga terdapat perubahan konteks materi pada sumber rekaman video.

Link Sumber

https://jalahoaks.jakarta.go.id/detail/HOAKS-Rekaman-Suara-Kebocoran-Rencana-PKI-Gaya-Baru

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2330/keliru-rekaman-suara-bocornya-rencana-pki-gaya-baru

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...