[Hoax] Video Puting Beliung di Bali 14 Juli 2023

16 Juli 2023 | 5608 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Video Puting Beliung di Bali 14 Juli 2023

Penjelasan :

Tersebar video di group whatsapp, atas laporan dan terusan tim internal CSIRT.

Narasi :

Pada video tersebut dinyatakan "Baru Saja Belasan Tornado Dahsyat Menyapu Sejumlah Wilayah Bali Hari Ini. Mengakibatkan puluhan bangunan rusak di kawasan Kuta, sesetan, Pemogan, dan Denpasar barat. BMKG Denpasar mengatakan, puting beliung di picu bertemunya udara panas yang terjadi di Denpasar dengan suhu 32,4 derajat Celcius dengan pergerakan massa dingin dari barat laut. Rekaman amatir menunjukan warga langsung berlarian menyelamatkan diri ketika atap rumahnya mulai berterbangan. Warga yang rumahnya rusak parah saat ini mengungsi ke rumah rumah tetangga yang rumahnya selamat dari terjangan puting beliung"

Penelusuran :

Setelah ditelusuri video tersebut, diketahui adalah video angin tornado yang terjadi di daerah Indiana, Amerika Serikat (video link) dan gabungan dari video lainnya. Video dipastikan suntingan, dan narasi dibacakan oleh audio AI. Sampai video ini tersebar, tidak ada informasi yang secara resmi diberitakan terjadi. Pembuat berita juga tidak memiliki informasi redaksi yg kredibel, atau jelas.

Tetap Saring Sebelum Sharing.

Link Sumber

https://youtu.be/Q4APe7tPfk0

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...