[Disinformasi] Rumah dan Bangunan di Jakarta Hancur Dihantam Tornado

24 September 2023 | 214 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Rumah dan Bangunan di Jakarta Hancur Dihantam Tornado

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan video di platform YouTube yang mengeklaim bahwa Kota Jakarta dilanda bencana alam tornado yang mengakibatkan ribuan rumah dan tempat ibadah hancur. Unggahan video tersebut berdurasi 2 menit 15 detik yang dilengkapi dengan narasi "PUTING BELIUNG HARI INI ~ JAKARTA REMUK ANGIN TORNADO SAPU BERSIH TEMPAT IBADAH".

Faktanya, klaim dalam unggahan video tersebut adalah keliru. Dilansir dari turnbackhoax.id, narator dalam video membacakan narasi yang termuat dalam artikel detik.com berjudul "15 Rumah Rusak di Medan Setelah Diterjang Angin Puting Beliung" pada 14 September 2023. Artikel tersebut membahas mengenai peristiwa angin puting beliung yang terjadi di Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara yang menimbulkan kerusakan 15 rumah di 2 kelurahan pada pukul 14.00 WIB.

Link Sumber

https://turnbackhoax.id/2023/09/23/salah-jakarta-hancur-dihantam-tornado/

https://www.detik.com/sumut/berita/d-6931967/15-rumah-rusak-di-medan-setelah-diterjang-angin-puting-beliung

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...