[Hoax] Kecurangan Pemilu 2024 Mulai Diusut Bikin Prabowo Panik Total

25 Februari 2024 | 174 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Kecurangan Pemilu 2024 Mulai Diusut Bikin Prabowo Panik Total

Penjelasan :

Sebuah video bernarasikan kecurangan pemilu 2024 mulai diusut bikin Prabowo panik beredar dari channel youtube bernama AKTUAL pada 21 Februari 2024.

Setelah ditelusuri, thumbnail yang menampilkan Prabowo di hadapan media tersebut merupakan hasil manipulasi. Selain itu, bebrapa cuplikan video yang ditampilkan juga tidak mendukung klaim narasi.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel tempo.co berjudul “Ganjar Usulkan DPR Buka Peluang Hak Angket Soal Dugaan Kecurangan Pemilu 2024” yang dimuat pada 19 Februari 2024.

Artikel tersebut membahas terkait capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo mengusulkan partai pendukungnya di DPR untuk menggulirkan hak angket. Ganjar menyebut dugaan kecurangan pada Pilpres 2024 mesti disikapi.

Dengan demikian, klaim narasi yang disebar luaskan oleh channel youtube AKTUAL tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

Link Sumber

https://nasional.tempo.co/read/1835129/ganjar-usulkan-dpr-buka-peluang-hak-angket-soal-dugaan-kecurangan-pemilu-2024

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...