[Disinformasi] Mahfud MD Nonaktifkan 72 Anggota DPR RI

04 April 2023 | 348 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Mahfud MD Nonaktifkan 72 Anggota DPR RI

Penjelasan :

Beredar sebuah video yang memuat narasi bahwa Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memecat 72 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Hal itu dikaitkan dengan rapat kerja Komisi III DPR RI dengan Komite Koordinasi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) 29 Maret 2023.

Dilansir dari kompas.com, diketahui foto serupa dalam thumbnail yang digunakan pernah diunggah oleh situs bali.antaranews.com. Foto itu diambil ketika Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPR RI menggulingkan meja saat Rapat Paripurna pada 28 Oktober 2014 silam. Sementara itu, narator membacakan artikel dari beritasatu.com yang tayang pada 27 Agustus 2022. Dalam artikel itu, Mahfud MD menceritakan pengalamannya ketika menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK). Ia mengaku pernah membatalkan 72 orang dari kursi DPR RI karena tindakan kecurangan saat pemilihan berlangsung. Pernyataan itu ia lontarkan jauh sebelum diadakannya rapat kerja dengan Komisi III DPR.

Link Sumber

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/04/03/195500782/-hoaks-mahfud-md-nonaktifkan-72-anggota-dpr?page=all

https://bali.antaranews.com/berita/61789/ppp-protes-rapat-paripurna-dpr-ricuh

https://www.beritasatu.com/news/969469/mahfud-md-pernah-batalkan-72-orang-jadi-anggota-dpr/all

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...