[Hoax] Risma Bongkar Dana Bansos Jokowi 400t Demi Kemenangan Prabowo-Gibran

25 Maret 2024 | 109 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Risma Bongkar Dana Bansos Jokowi 400t Demi Kemenangan Prabowo-Gibran

Penjelasan :

Sebuah video bernarasikan Risma bongkar dana bansos Jokowi 400T demi kemenangan Prabowo-Gibran beredar dari channel youtube bernama REDAKSI TV pada 22 Maret 2024.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak terdapat informasi terkait klaim narasi yang beredar. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa video berbeda yang digabung menjadi satu dan tidak mendukung klaim narasi yang beredar.

Thumbnail video yang menampilkan presenter wanita dengan tulisan your money your vote di belakangnya tersebut merujuk ke salah satu video yang dimuat oleh channel youtube resmi CNBC Indonesia berjudul “Ini Dia! 5 Partai Dengan Perolehan Suara Terbesar” yang tayang pada 4 Maret 2024.

Dalam video tersebut memberitakan terkait lima partai dengan perolehan suara terbesar serta data real count KPU untuk pemilihan legislatif di Dewan Perwakilan Rakyat, DPR RI berbasis data wilayah yang sudah mencapai 65,484%.

Dengan demikian, narasi dengan klaim Risma bongkar dana bansos Jokowi 400T demi kemenangan Prabowo-Gibran tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

Link Sumber

https://www.youtube.com/watch?v=rNE7NvwrY64&list=PL6AvcoOqxSUYeUdBLABNrOkpRZLgle0i8&index=226&ab_channel=CNBCIndonesia

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...