[Hoax] Air Nanas Panas dapat Membunuh Sel Kanker

15 Maret 2023 | 1612 Kali | Dedi Kerta Sujaya

Air Nanas Panas dapat Membunuh Sel Kanker

Penjelasan :

Beredar kembali informasi yang mengklaim nanas yang dicampur air panas dapat membunuh sel kanker karena berubah menjadi air alkali. Hoaks yang mencatut nama DR. dr. Rahyussalim, SpOT dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Profesor Khairul Huseinn dari Rumah Sakit Umum Angkatan Darat tersebut telah beredar sejak tahun 2019.

Berdasarkan hasil penelusuran, Turnbackhoax.id pernah membahas hal serupa dengan judul “[SALAH] Pesan WhatsApp “Nanas panas ~ dapat membunuh sel kanker!”” pada 4 Oktober 2021. Artikel tersebut menyatakan bahwa DR. dr. Rahyussalim, SpOT mengonfirmasi bahwa dirinya pun tidak pernah menyebarkan informasi itu dan bahkan ia mendapatkan pesan serupa dari rekannya. Selain itu, tidak ditemukan identitas Profesor Khairul Husein dari Rumah Sakit Umum Angkatan Darat yang tercantum dalam pesan Whatsapp itu sehingga tokoh tersebut adalah fiktif.

Pada 2 Agustus 2021 artikel dengan klaim sama juga pernah dibahas dengan judul “[SALAH] Air Nanas Panas Bisa Membunuh Sel Kanker”. Beberapa ahli gizi menyatakan bahwa penelitian terkait nanas terhadap kanker masih butuh penelitian lebih lanjut. Informasi terkait nanas terhadap sel kanker tersebut tidaklah memiliki dasar ilmiah, karena belum ada bukti studi ilmiah yang menunjukkan bahwa air nanas dapat mengobati kanker serta mengkonsumsi buah nanas juga tidak serta merta langsung menurunkan tekanan darah.

Terkait klaim air alkali Ketua DPP Bidang Ilmiah Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi), Dr. Marudut Sitompul menjelaskan, bahwa informasi tersebut keliru. Ia menjelaskan bahwa nanas memiliki pH sekitar 4 dan bersifat asam. Apabila nanas direndam air dan difermentasi, maka bakteri lactic acid akan masuk ke dalamnya dan membuatnya menjadi semakin asam. Proses perendaman nanas inilah yang bisa jadi dimaksudkan untuk membuatnya memiliki kadungan antioksidan tinggi seperti cuka apel.

Berdasarkan penjelasan di atas kalim air nanas panas dapat menyembuhkan kanker adalah salah dan termasuk dalam kategori konten palsu.

Link Sumber

https://archive.cob.web.id/archive/1678684192.251067/singlefile.html

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...