[Hoax] Jokowi Jualan Kaos dan Bansos barter suara buat bocah ingusan

26 Februari 2024 | 183 Kali | Alit

Jokowi Jualan Kaos dan Bansos barter suara buat bocah ingusan

Penjelasan :

Akun Twitter @dokterTifa mengunggah sebuah foto yang menamilkan sosok Jokowi sedang berada di Tengah-tengah tumpukan kaos di dalam mobil. Foto tersebut diunggah dengan klaim pembagian kaos gratis dari Presiden agar mendapatkan masyarakat untuk anaknya, Gibran, pada kontestasi Pemilu 2024 yang digelar pada 14 Februari lalu.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan fakta bahwa foto tersebut tidak memiliki keterkaitan dengan momentum Pemilu 2024. Penelusuran identik mengarahkan kepada sebuah berita di Kompas.com dengan judul “Penampakan Mobil Jokowi Penuh Buah Tangan untuk Warga Saat Tinjau Jalan Rusak di Jambi” yang terbit pada 16 Mei 2023.

Dijelaskan dalam berita tersebut, Jokowi dan Menteri PUPR melakukan kunjungan kerja ke ruas jalan yang rusak di Jambi pada 16 Mei 2023.

Di mobil tersebut, tampak adannya buah tangan yang hendak dibagikan kepada masyarakat oleh Presiden Jokowi. Buah tangan tersebut berupa kaos berwarna hitam.

Dengan demikian, klaim bahwa foto tersebut merupakan pembagian kaos oleh Jokowi agar anaknya, Gibran, mendapatkan suara dari masyarakat pada saat Pemilu 20024, tidak benar.

Link Sumber

https://nasional.kompas.com/read/2023/05/16/21472031/penampakan-mobil-jokowi-penuh-buah-tangan-untuk-warga-saat-tinjau-jalan

https://www.google.com/amp/s/www.presidenri.go.id/siaran-pers/presiden-jokowi-tinjau-kondisi-jalan-di-provinsi-jambi/amp

Share Berita Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...